Indonesia Bergabung di Grup C Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

- 27 Juni 2024, 20:27 WIB
Indonesia Bergabung di Grup C Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia
Indonesia Bergabung di Grup C Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia /

DEMAK BICARA - Undian babak grup putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia, Timnas Indonesia tergabung dalam Grup C bersama raksasa-raksasa Asia seperti Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China.

Berdasarkan laman resmi FIFA, Indonesia merupakan negara dengan peringkat terendah di Grup C, yaitu peringkat 134 dunia. Sementara itu, China yang ada di Pot 5 berperingkat 88 dunia, Bahrain yang ada di Pot 4 berada di peringkat 81 dunia, dan Arab Saudi yang berada di Pot 3, yang pada Piala Dunia 2022 Qatar mengalahkan Argentina pada laga pembuka, berada di peringkat 56 dunia.

Dua kontestan dengan peringkat tertinggi di grup ini adalah Jepang dan Australia. Jepang merupakan negara dengan peringkat dunia tertinggi dari semua kontestan putaran ketiga zona Asia dengan peringkat 17 dunia, sedangkan Australia berada di peringkat 23 dunia. Kedua negara ini juga tidak asing bagi Indonesia karena pernah bertemu di Piala Asia 2023 Qatar awal tahun ini.

Pada laga terakhir Piala Asia 2023, Indonesia bertemu Jepang dan skor berakhir 1-3 untuk kemenangan Samurai Biru. Sementara itu, pada babak 16 besar, Indonesia bermain cukup baik namun harus menyerah 0-4 dari Australia.

Baca Juga: Berada di Grup C, Erick Thohir Sebut Timnas Indonesia Siap Memberikan Kemampuan Terbaiknya

Format Kompetisi dan Harapan Indonesia

Putaran ketiga kualifikasi ini akan dimainkan dengan format penyisihan grup kandang dan tandang yang dimulai pada September 2024 hingga Juni 2025. Dua tim teratas dari masing-masing tiga grup (total enam tim) nantinya akan langsung melaju ke Piala Dunia 2026. Turnamen ini akan menjadi yang pertama kali menampilkan 48 tim peserta dan akan digelar di tiga negara tuan rumah: Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Tim yang berada di peringkat ketiga dan keempat di setiap grup (total enam tim) dari babak grup putaran ketiga akan melaju ke babak kualifikasi putaran keempat. Mereka akan dibagi menjadi dua grup yang terdiri dari tiga tim dengan pertandingan yang akan dimainkan pada bulan Oktober dan November 2025. Dua negara teratas dari setiap grup di putaran keempat akan mendapatkan tiket kualifikasi otomatis ke Piala Dunia 2026.

Baca Juga: LENGKAP ! Jadwal Timnas Indonesia di Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Tantangan Berat bagi Timnas Indonesia

Bergabung di Grup C bersama tim-tim besar Asia, Timnas Indonesia menghadapi tantangan yang berat. Dengan peringkat FIFA terendah di grup, Indonesia diharapkan dapat memberikan perlawanan maksimal dan memanfaatkan setiap pertandingan sebagai peluang untuk berkembang dan menunjukkan kemampuan terbaik mereka.

Keberhasilan melaju ke putaran berikutnya akan menjadi prestasi besar bagi Timnas Indonesia dan akan memberikan dorongan signifikan bagi perkembangan sepak bola nasional.***

Editor: Maya Atika


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah