PSSI Upayakan Standarisasi Wasit agar Lolos dan Bertugas di Piala Dunia, Erick Thohir: Perlahan Kita Bina!

- 23 Juni 2023, 16:57 WIB
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir (kanan) dan Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali (kiri).
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir (kanan) dan Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali (kiri). /Antara/Aditya Pradana Putra

DEMAK BICARA - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengatakan akan ada pembinaan bagi wasit di Indonesia agar mempunyai standar Asia untuk kemudian dapat lolos dan bertugas di Piala Dunia.

Erick Thohir juga mengungkapkan, upaya dari PSSI tersebut merupakan pembinaan jangka panjang agar setidaknya para wasit di Indonesia mempunyai standar Asia dan perlahan bisa lolos untuk memimpin pertandingan di Piala Dunia.

Tentunya, dikatakan Erick Thohir juga bahwa upaya PSSI tersebut membutuhkan waktu yang cukup panjang, mengingat wasit di Indonesia perlu menjalani pembinaan secara perlahan agar mempunyai standar mumpuni dan dapat bertugas di Piala Dunia.

Baca Juga: Jadwal Liga 1 2023-2024 Pekan Pertama, Persija VS PSM Makassar Batal Jadi Laga Pembuka

"Kalau bicara kualitas wasit harus standar Asia dulu, nanti pelan-pelan (pembinaan jangka panjang) bisa meloloskan wasit ke Piala Dunia atau di kejuaraan sepakbola internasional lain," kata Erick Thohir dilansir dari Antara, Kamis, 22 Juni 2023.

"Tapi kembali lagi yang namanya membangun perwasitan atau timnas itu perlu waktu jangka panjang," ujar Erick menambahkan.

Dalam upaya meningkatkan kualitas wasit tersebut, PSSI sudah melakukan proses seleksi dan tes kepada wasit-wasit di Indonesia untuk bertugas di kompetisi sepakbola Indonesia.

PSSI dalam proses seleksi dan tes wasit itu, bekerja sama dengan Asosiasi Sepakbola Jepang (JFA) sebagai instruktur dan pengawas.

Sebanyak 18 wasit Liga 1 dan 24 wasit Liga 2 telah terpilih dari hasil seleksi ketat yang melibatkan pengawas dari JFA.

Halaman:

Editor: Ryadh Fadhillah Junianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x