Sikap Tegas Shin Tae Yong: Menyikapi Komentar Pemain Vietnam tentang Naturalisasi dalam Timnas Indonesia

- 21 Maret 2024, 18:59 WIB
Sikap Tegas Shin Tae Yong: Menyikapi Komentar Pemain Vietnam tentang Naturalisasi dalam Timnas Indonesia
Sikap Tegas Shin Tae Yong: Menyikapi Komentar Pemain Vietnam tentang Naturalisasi dalam Timnas Indonesia /dok. pssi.org/

DEMAK BICARA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, memberikan respons tegas terhadap sindiran yang dilontarkan pemain Vietnam, Do Duy Manh, terkait naturalisasi dan pemain diaspora dalam skuad Timnas Indonesia.

Shin Tae Yong menegaskan bahwa Do Duy Manh mungkin tidak sepenuhnya memahami situasi sebenarnya. Ia menyoroti fakta bahwa pemain-pemain Timnas Indonesia yang diduga terlalu banyak berasal dari naturalisasi sebenarnya adalah pemain keturunan.

"Dia mungkin tidak menyadari fakta-fakta yang sebenarnya. Pemain seperti dari Belanda tentu tidak akan bisa bermain untuk Timnas Indonesia. Mereka hanya bisa bermain karena memiliki paspor Indonesia, bukan karena berasal dari Belanda," ujar Shin Tae Yong seperti yang dilaporkan dari Antara pada Selasa, 19 Maret 2024.

Baca Juga: Swiss Open 2024 Live Score, Ikuti Pertandingan Babak 16 Besar Sedang Berlangsung

Shin Tae Yong menambahkan, "Ini tentang memiliki paspor Indonesia. Tentu tidak masuk akal jika Timnas Belanda bisa bermain untuk Timnas Indonesia."

Sebelumnya, Do Duy Manh dari timnas Vietnam telah mengeluarkan sindiran terkait kebingungannya menghadapi Timnas Indonesia atau Timnas Belanda karena adanya pemain-pemain naturalisasi.

Timnas Indonesia sendiri tengah bersiap-siap untuk menghadapi laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 putaran kedua zona Asia Grup F melawan Vietnam. Pada sesi latihan perdana di Stadion Madya, beberapa pemain debutan seperti Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On sudah terlihat bergabung bersama rekan-rekannya.

Shin Tae Yong memberikan fokus utama pada latihan kebugaran mengingat perjalanan jauh yang ditempuh oleh banyak pemain, baik dari luar negeri maupun yang bermain di Liga 1 lokal. Beberapa pemain tidak dapat bergabung dalam latihan perdana ini, dan tiga pemain lainnya, yaitu Elkan Baggott, Yance Sayuri, dan Jordi Amat, harus dicoret dari daftar skuad karena mengalami cedera.***

Editor: Maya Atika


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x